Dakwah Persuasif

25 Apr

  Komunikasi Dakwah Persuasif

Istilah persuasif berasal dari kata dalam bahasa Latin “Persuasio” yang berarti membujuk, mengajak dan merayu[1]. Persuasif adalah kegiatan psikologis yang bertujuan untuk menumbuhkan nilai kesadaran, kerelaan disertai perasaan senang.

Komunikasi dakwah persuasif adalah komunikasi dakwah yang senantiasa berorientasi pada segi-segi psikologis mad’u dalam rangka membangkitkan kesadaran mereka untuk menerima dan melaksanakan ajaran Islam.

Dakwah Islam dilakukan dengan cara persuasif dengan tidak melakukan pemaksaan, merusak dan anarkis. Da’i tidak bisa memaksakan ide-ide dan ajarannya agar diikuti oleh mad’u. Akan tetapi da’i seharusnya menyampaikan ide dan ajaran dengan pertimbangan rasa (emosi) dan fakta-fakta yang kuat serta dengan pendekatan kultural berikut dengan bahasa dan idiom-idiomnya.

Untuk meningkatkan keberhasilan dalam komunikasi dakwah persuasif perlu dilaksanakan secara sistematis. Dalam komunikasi ada sebuah formula yang dapat dijadikan landasan pelaksanaan komunikasi dakwah persuasif. Formula tersebut adalah:

  • Attention yaitu perhatian. Dilakukan dengan cara menyampaikan informasi dakwah dengan tutur kata yang lembut dan penampilan yang yang berkesan.
  • Interest (minat) yaitu menumbuhkan minat mad’u untuk mengenal ajaran agama. Hal ini bisa disentuh dengan menuruti kemauan dan kebutuhan mad’u.
  • Desire (hasrat) yaitu menumbuhkan hasrat mad’u dengan cara melakukan kontak visual terhadap mad’u sehingga merasa lebih diperhatikan. Hal tersebut juga menuntut mad’u untuk memperhatikan.
  • Decision (keputusan) yaitu upaya untuk mengarahkan mad’u kepada sebuah tindakan yang diinginkan oleh da’i.

Action (kegiatan) yaitu upaya menggerakkan mad’u untuk melakukan apa yang sudah disampaikan dengan pemilihan kata yang tepat sehingga mudah diapahami oleh mad’u.


[1] Ibid,h.125

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: