Dakwah sebagai Komunikasi

25 Apr

Ahmad Mubarok dalam bukunya Psikologi Dakwah mengungkapkan bahwa kegiatan dakwah adalah kegiatan komunikasi. Dimana da’i melakukan proses komunikasi dengan mad’u baik secara perorangan maupun kelompok.

Proses komunikasi dapat berlangsung dengan dua cara yaitu komunikasi primer dan komunikasi sekunder. Komunikasi primer adalah proses penyampaian pemikiran atau perasaan seseorang kepada orang lain yang menggambarkan lambang sebagai media.[1]

Lambang sebagai media primer yang dimaksud adalah bahasa, isyarat, gambar, warna dan lain sebagainya yang langsung bisa diterjemahkan oleh komunikan. Adapun bahasa menjadi lambang primer yang paling sering digunakan karena kemudahan dalam memahaminya.

Komunikasi sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.[2] Seorang komunikator menggunakan media kedua dalam menyampaikan pesan karena komunikan berada ditempat yang jauh dan jumlahnya yang banyak dan menyebar.

Secara ringkas proses komunikasi bisa digambarkan sebagai berikut:

  • Komunikator (Sender) yaitu orang yang mempunyai maksud untuk berkomunikasi dengan mengirimkan pesan kepada orang lain.
  • Pesan (Message) yaitu maksud yang ingin disampaikan berupa informasi dalam bentuk lambang yang dipahami oleh kedua belah pihak.
  • Komunikan (Receiver) yaitu pihak yang menerima pesan.

Tanggapan (Feedback) yaitu tanggapan atas pesan yang disampaikan kepada komunikan.


[1] Wahyu Ilaihi,M.A,op.cit.h.123

[2] Ibid,h.123

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: