Tradisi Sibernatika

25 Apr

 TRADISI SIBERNETIKA

Teori sibernetika menekankan hubungan timbal balik di antara semua bagian dari sebuah sistem pengaruhi informasi antara sistem yang saling mempengaruhi untuk bersikap positif dan negatif.

a. Teori Penggabungan Informasi

                Pendekatan penggabungan informasi (information intergation) bagi pelaku komunikasi berpusat pada cara kita mengakumulasi dan mengatur informasi tentang semua orang, objek, situasi, dan gagasan yang membentuk  sikap  atau kecenderungan untuk bertindak dengan cara yang positif atau negatif terhadap beberapa objek.

                Ide dasar dibalik teori ini bergantung pada keseimbangan keyakinan, valance dan kredibilitas.

  1. Teori Nilai Ekspektasi

                Salah satu dari ahli teori penggabungan informasi yang sangat terkenal dan dihormati adalah Martin Fishbein. Karya Fishbein menyoroti sifat kompleks dari perilaku yang diketahui sebagai teori nilai ekspektasi (expectancy-value theory). Menurut Fishbein, ada dua macam keyakinan. Pertama, yakin pada suatu hal. Ketika Anda meyakini sesuatu, Anda akan berkata bahwa hal tersebut ada. Kedua, yakin tentang adalah perasaan Anda pada kemungkinan bahwa hubungan tertentu ada di antara dua hal.

 

            Fishbein menyajikan hubungan antara keyakinan dan sikap dengan rumus:

            A0 = ∑ Biai

 

            Ao = sikap terhadap objek o

            Bi= kekuatan keyakinan i tentang o (mungkin atau tidak mungkin bahwa o diasosiasikan dengan konsep lainya

                                ai= aspek evaluatif terhadap B (evaluasi dari konsep x)

            N  = jumlah kepercayaan tentang  o

 

Singkatnya menurut teori ini, ada tiga sumber yang mendasarinya,antara lain: Pertama, informasi dapat mengubah kemampuan untuk meyakini atau bobot terhadap keyakinan tertentu. Kedua, informasi juga dapat mengubah valance dari sebuah keyakinan. Ketiga, informasi dapat menambah keyakinan yang baru terhadap struktur sikap.

  1. Teori Tindakan yang Beralasan

Icek Ajzen dan Martin Fishbein memperluas cakupan dari teori nilai ekspektasi dengan menambahkan faktor intensi dalam rumus.

 

                                BI            = ABω1 + (SN) ω2

                                BI            = intensi perilaku

                                AB           = sikap terhadap perilaku

                                SN          = norma subjektif (apa pikiran orang lain)

                                ω1                 = bobot sikap

                                ω2                 = bobot norma subjektif

               

Pada teori ini menunjukkan, bahwa semua faktor ini mencoba untuk menyeimbangkan atau homeostatis, menambahkan lapisan lain dalam kompleksitas perilaku manusia.

  1. Teori Konsistensi

Orang lebih nyaman dengan konsistensi daripada inkosistensi. Sementara itu, konsistensi adalah prinsip aturan utama dalam proses kognitif dan perubahan sikap yang dapat dihasilkan dari informasi yang mengacaukan keseimbangan ini. Kita akan meringkas dua teori konsistensi kognitif ini. Pertama, teori disonansi kognitif (Icognitive dissonanceI) karya Leon Festinger. Kami telah memilih teori ini karena merupakan teori klasik dan masih besar pengaruhnya pada dalam bidang komunikasi. Kedua, karya yang paling terkini dalam bidang komunikasi adalah teori penggabungan problematis oleh Austin Babrow.

 

  1. Teori Disonasi Kognitif

Teori Festinger tentang disonasi kognitif dimulai dengan gagasan bahwa pelaku komunikasi memiliki beragam elemen kognitif, seperti sikap, persepsi, pengetahuan, dan perilaku. Teori disonasi juga menyatakan bahwa semakin sulit permulaan seseorang masuk ke dalam sebuah kelompok, semakin besar komitmen terhadap kelompok tersebut terhadap pelaku komunikasi.                                        

Teori sibernetika pelaku komunikasi banyak berbagi dengan sosiopsikologis, karena keduanya terfokus pada sistem kognitif individu – sebuah susunan keyakinan, sikap, dan nilai yang kompleks serta saling berinteraksi yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: