Unsur unsur Dakwah (1)

26 Apr

Kata dakwah berasal dari bahasa Arab, yakni dari kata Da’a, yad’u, da’watan, yang artinya menyeru, memanggil, mengajak.[1] Jadi kata dakwah (da’watan) merupakan isim mashdar dari fiil madhi da’a, yang artinya panggilan, seruan ajakan.

Sedangkan pengertian dakwah secara istilah terdiri dari beberapa pendapat, antara lain:

  1. Pendapat Syekh Ali Mahfudz, “dakwah adalah mengajak manusia untuk mengerjakan kebaikan dan mengikuti petunjuk, menyuruh mereka berbuat baik dan melarang mereka dari perbuatan jelek agar mereka mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat.”[2]
  2. Pendapat Prof. Toha Jahja Omar,M.A “dakwah yaitu mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan printah Tuhan, untuk kemshlahatan dan kebahagiaan mereka di dunia dan akhirat.”
  3. Pendapat M. Natsir
  4. Pendapat KH.M.Isa Anshari, “ dakwah yaitu menyampaikan seruan Islam, dengan mengajak dan memanggil ummat manusia, agar menerima dan mempercayai keyakinan dan hidup Islam.”
  5. Pendapat A. Hasjamy,” dakwah yaitu mengajak orang lainuntuk meyakini dan mengamalkan aqidah dan syariat islamyang terlebih dahulu telah diyakini dan diamalkan oleh pendakwah sendiri.[3. UNSUR-UNSUR DAKWAH

Unsur-unsur dakwah adalah komponen yang terdapat dalam setiap kegiatan dakwah.[4] Adapun unsur-unsur tersebut adalah  da’i (pelaku dakwah), mad’u(mitra dakwah), maddah (materi dakwah), wasilah (media dakwah), thariqoh (metode dakwah), dan atsar( efek dakwah).

1. Da’i (pelaku dakwah)

Da’i adalah orang yang melaksanakan dakwah baik melalui lisan,tulisan maupun perbuatan yang dilakukan baik secara individu,kelompok ataupun melalui organisasi atau lembaga.[5]

Secara umum da’i seringkali disamakan dengan  muballigh (orang yang menyampaikan ajaran islam). Namun sebenarnya sebutan tersebut memiliki konotasi sempit yaitu hanya membatasi da’i sebagai orang yang menyampaikan ajaran islam secara lisan saja. Padahal kewajiban dakwah adalah milik siapa saja yang mengaku sebagai ummat Rosulullah saw.

Da’i juga harus mengetahui cara menyampaikan dakwah tentang Allah,alam semesta, dan kehidupan, serta apa yang dihadirkan dakwah untuk memberikan solusi terhadap problema yang dihadapi manusia, serta metode yang dihadirkan menjadikan manusia secara perilaku dan pemikiran tidak melenceng.[6

2. Mad’u ( Penerima Dakwah)

Adalah manusia yang menjadi sasaran dakwah, atau manusia penerima dakwah, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok, baik manusia yang beragama islam maupun tidak, atau dengan kata lain manusia secara keseluruhan.[7]

Dakwah kepada manusia yang belum beragama islam adalh dengan maksud unutk mengajak mereka kpada tauhid dan beriman kepada Allah, sedangkan dakwah kepada manusia yang telah mendapat cahaya hidayah islam adalah untuk meningkatkan kualitas iman, islam dan ihsan.

Muhammad Abduh membagi mad’u menjadi tiga golongan yaitu:

  • Golongan cerdik cendekia yang cinta kepada kebenaran,dapat berfikir secara kritis, dan cepat dapat menangkap persoalan.
  • Golongan awam, yaitu orang kebanyakan yang belum dapat berpikir secara kritis dan mendalam, serta belum dapat menangkap pengertian-pengertian yang tinggi.
  • Golongan yang berbeda dengan keduanya, mereka senang membahas sesuatu tetapi hanya dalam batas tertentu saja, dan tidak mampu membahasnya secara mendalam.

unsur selanjutnya ada di unsur dakwah (2)


[1] H. Hasanuddin, Hukum Dakwah,(Jakarta: Pedoman Ilmu jaya,1996), Cet ke 1,h. 26

[2] Harjani Hefni dkk, Metode Dakwah,( Jakarta: Prenada Media,2003).h 7

[3] H. Hasanuddin,Hukum Dakwah….h. 26

[4] Muhammad Munir, S.AG,MA.& Wahyu Ilaihi,S.AG,MA, Manajemen Dakwah,( Jakarta : Kencana, 2009), Cet ke-2, h. 21

[5] Ibid. H.22

[6][6] Mustafa malaikah, Manhaj Dakwah Yusuf Qordhawi Harmoni antara Kelembutan dan Ketegasan,(Jakarta: Pustaka Al Kautsar,1997),h. 18.

[7] Muhammad Munir, S.AG,MA.& Wahyu Ilaihi,S.AG,MA, Manajemen Dakwah,( Jakarta : Kencana, 2009), Cet ke-2, h. 23

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: